My Widget

Sabtu, 28 November 2015

PESONA DUSUN JELOK

Dusun Jelok adalah dusun yang terletak diperbatasan gunung kidul (Jogja) dan Wonogiri ( Solo). Tepatnya terletak di desa Pundungsari, Kelurahan Semin, Gunung Kidul.
Desa Jelok merupakan desa tempat saya melakukan kegiatan KKN. Selain terletak diperbatasan Jogja- Solo, dusun ini juga terletak di paling puncak dari kecamatan Semin, Gunung Kidul.
Awalnya saya merasa malas kkn di dusun tersebut, hal ini dikarenakan akses jalan menuju dusun tersebut yang jauh dan berkelok, tidak hanya itu didesa ini juga susah sinyal.
Tapi mau ga mau ya harus saya jalani, tuntutan kampus :’(
Setelah berjalan beberapa minggu ternyata tidak seburuk yang saya pikirkan, selain warga nya yang ramah , didusun tersebut juga menyimpan keindahan yang luar biasa.
Berikut ini adalah keindahan-keindahan yang bisa dijumpai di dusun jelok.



GUNUNG PANGGUNG
Gunung Panggung merupakan perbukitan kecil yang terletak di dusun jelok. Untuk mendaki tidak dibutuhkan waktu lama, sekitar 7-10 menit kita bisa mencapai puncak. Dari atas gunung kita bisa menikmati sunrise dan sunset, selain itu kita bisa menikmati indah nya pepohonan yang sangat bagus dari atas Gunung. Diatas gunung juga terdapat Goa yang pada hari-hari tertentu biasa digunakan untuk bertapa. Diatas gunung pada hari sabtu malam biasanya juga digunakan untuk kegiatan sekolah atau dengan kata lain digunakan untuk PERSAMI.














Dan tidak lama ini ditahun 2015 diatas gunung telah dibuat embung yang pastinya sangat indah.






GUNUNG KUKUSAN
Tidak jauh dari atas Gunung Panggung, terdapat Gunung Kukusan. Sama seperti Gunung Panggung dari atas kita bisa menikmati sunrise dan sunset dari atas gunung. Yang membedakan hanya jalan menuju puncak Gunung Kukusan lebih susah dibandingkan menuju puncak Gunung Panggung.








AIR TERJUN
Tidak jauh dari dusun terdapat air terjun, warga sering menyebutnya air terjun banyu tibo. Dalam perjalanan menuju lokasi air terjun kalian akan disuguhi pepohonan dan pemandangan yang bagus pastinya.










SUNGAI
Dilereng gunung panggung terdapat sunggai yang cukup indah, disekitaran sungai terdapat bebatuan dan persawahan yang indah.





Ini lah sedikit cerita di Dusun Jelok.

I LOVE KKN UST (UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA) JOGJA PADEPOKAN 39



1 komentar:

  1. Mantapp kak afif...kami selaku pemuda pemudi dusun jelok sangat berterimakasih krna sudh mau mengenalkan destinasi desa kami, salam buat kakak" ust khususnya kelompok 39..kalau sempat main ke desa kami, kita sparing main volly hehee

    BalasHapus