My Widget

Jumat, 11 Desember 2015

Pembelajaran Tematik

Manfaat Pembelajaran Tematik
1) Dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan,
2) Siswa mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan  tujuan akhir,
3) Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecah-pecah.
4) Dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat,
Karakteristik Pembelajaran Tematik;
          Berpusat pada siswa
          Memberikan pengalaman langsung
          Pemisahan matapelajaran tidak begitu jelas
          Menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran
          Bersifat fleksibel
          Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
          Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan
IMPLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK;
Implikasi bagi :
          Guru,
          Peserta didik,
          Sarana prasarana, sumber belajar dan media,
          Pengaturan ruang kelas,
          Pemilihan metode.
Implikasi bagi guru;
Guru harus kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar bagi anak, juga dalam memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh.
Implikasi bagi siswa;
          Siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya dimungkinkan untuk bekerja baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal.
          Siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang bervariasi secara aktif misalnya melakukan diskusi kelompok, mengadakan penelitian sederhana, dan pemecahan masalah
Implikasi terhadap sarana, prasarana, sumber belajar dan media;
Pelaksanaan Pembelajaran tematik:
          Memerlukan berbagai sarana dan prasarana belajar. 
          Memanfaatkan berbagai sumber belajar
          Mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi
          masih dapat menggunakan buku ajar yang sudah ada saat ini untuk masing-masing mata pelajaran dan dimungkinkan pula untuk menggunakan buku suplemen khusus yang memuat bahan ajar yang terintegrasi
Implikasi terhadap Pengaturan ruangan;
          Ruang perlu ditata disesuaikan dengan tema yang sedang dilaksanakan.
          Susunan bangku peserta didik dapat berubah-ubah disesuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang berlangsung
          Peserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/karpet
          Kegiatan hendaknya bervariasi dan dapat dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
          Dinding kelas dapat dimanfaatkan untuk memajang hasil karya peserta didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
          Alat, sarana dan sumber  belajar hendaknya dikelola sehingga memudahkan peserta didik untuk menggunakan dan menyimpannya kembal
Implikasi terhadap Pemilihan metode;
Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai variasi metode.Misalnya percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap.


PELAKSANAAN;
1.TAHAP PERSIAPAN :

          PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DALAM TEMA
          PENETAPAN JARINGAN TEMA
          PENYUSUNAN SILABUS
          PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2.PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DALAM TEMA;
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.
3.Kegiatan Pemetaan;
1.   Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
           
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembang-kan indikator:
          Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
          Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau dapat diamati
4. Menentukan tema;
Cara penentuan tema :
          Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai.
          Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan peserta didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.


5, Prinsip Penentuan tema
          Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
          Dari yang termudah menuju yang sulit
          Dari yang sederhana menuju yang kompleks
          Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
          Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
          Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
6. Menetapkan Jaringan Tema
Hubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu sehingga akan terlihat  kaitan antara tema,  kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran.
Jaringan tema ini dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
7. Penyusunan Silabus
Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
8. Penyusunan rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
          Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
          Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
          Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
          Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
          Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
          Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
          Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian).
9. TAHAP PELAKSANAAN
  1. Tahapan/jadwal Kegiatan perhari
            - Kegiatan Pembukaan (± 1 jam pelajaran)
            - Kegiatan Inti (± 3 jam pelelajaran)
            - Kegiatan Penutup (± 1 jam pelajaran)
2. Pengaturan Jadwal Pelajaran
1. Tahapan Kegiatan
Pelaksanaan pembelajaran tematik setiap hari dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan
  1. Kegiatan Pendahuluan/awal/pembukaan (1 jam pelajaran)
            Kegiatan ini dilakukan terutama untuk menciptakan suasana awal pembelajaran berupa kegiatan untuk pemanasan. Pada tahap ini dapat dilakukan penggalian terhadap pengalaman anak tentang tema yang akan disajikan. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah bercerita, kegiatan fisik/jasmani, dan menyanyi
b.   Kegiatan Inti
            Dalam kegiatan inti difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan baca, tulis dan hitung. Penyajian bahan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai  strategi/metode yang bervariasi dan dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, ataupun perorangan.
c.   Kegiatan Penutup/Akhir dan Tindak Lanjut
            Sifat dari kegiatan penutup adalah untuk menenangkan. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah menyimpulkan/mengungkapkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, mendongeng, membacakan cerita dari buku, pantomim, pesan-pesan moral, musik/apresiasi musik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar