My Widget

Kamis, 03 Desember 2015

Pendakian Gunung Andong

PENDAKIAN GUNUNG ANDONG

Gunung Andong merupakan Gunung yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong memiliki ketinggian  1.726 mdpl. Gunung ini cocok bagi para pendaki pemula yang inggin mencoba merasakan gimana mendaki gunung :D.
Waktu itu saya browsing di internet tentang Gunung ini, dari beberapa foto yang beredar di internet gunung andong mempunyai pemandangan yang indah. Saya jadi penasaran dan inggin kesana. :D
Waktu itu tepat tanggal 12 juni 2014 saya mengajak teman saya untuk mendaki gunung andong, kami hanya berdua. Waktu itu kami berangkat pas bulan puasa.
Kami memilih bulan puasa karena saya piker pada bulan tersebut gunung andong sepi penggunjung, jadi ga terlalu rame… *pikirku. Karena dari informasi yang saya dapat gunung andong seperti pasar dipuncaknya kalau pas hari-hari weekend.
Saya memutuskan mendaki via sawit. Pos ini terletak di Kampong Sawit, kel. Girirejo, Kec. Ngablak, Magelang.
Kami berangkat dari arah Jogja. Kami berangkat pukul 19.00 dan setelah perjalanan selama kurang lebih 3 jam kami sampai lah di pos. setelah sampai pos kami memutuskan untuk beristirahat sambil makan bekal yang telah kami bawa. Kami sempat nimbrung dan ngobrol-ngobrol sama warga sambil buat api unggun, warga disana ramah-ramah welcome dengan para pendaki :D
Karena mata terasa ngantuk saya memutuskan untuk tidur sebentar sedangkan teman saya tetep melek :D. saya bangun tepat pukul 03.00. setelah itu melakukan persiapan dan pada pukul 03.30 kami mulai melakukan pendakian. Di perjalanan menuju puncak ternyata berkabut, tapi kami tetap melanjutkan perjalanan. Didalam perjalanan kami sempat menemukan sumber air yang ada disana.
Setelah berjalan kurang lebih 1jam kami akhirnya sampai puncak. Kira-kira pukul 04.30. karena sampai puncak masih gelap kami memutuskan untuk tidur lagi sebentar.
Seperti yang saya pikirkan sejak awal, kami mendaki dibulan puasa dengan harapan gunung sepi dan tidak rame. Tapi setelah sampai puncak tak saya sangka ternyata banyak sekali para pendaki yang sudah bermalam diatas. L
Sekitar jam 5.30 bangun dan terlihat kabut masih tebal dipuncak disertai angin. Memang kata orang-orang gunung andong selalu berkabut hal ini dikarenakan gunung andong terletah dibawah gunung merbabu. Kami menunggu sampai jam 06.00 tapi kabut belum juga hilang. Setelah lama menunggu dan  Kabut tak kunjung hilang kami memutuskan untuk makan dulu, kebetulan dipuncak ada warung buka. :D
Lama menunggu tapi matahari belum juga tampak karena tertutup kabut, yah hilang deh kesempatan menikmati sunrise. Sampai akhirnya sekitar jam 09.00 matahari mulai tampak dank abut mulai hilang. Meskipun tidak bisa menikmati sunrise setidaknya kami bisa melihat indahnya pemandangan dari puncak gunung andong. Tak lupa kami berfoto-foto :D, setelah jam 10.00 kami memutuskan untuk turun. Dalam perjalanan turun kami bisa melihat pemandangan yang indah, selain itu kami bisa melihat indahnya pepohonan dihutan pinus :D.
Dan akhirnya kami sampai bawah dan kembali kejogja dengan selamat J